Submision Description

  • Published Date: 21 Feb 2024
  • Modified Date: 21 Feb 2024
Download

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Bagi Kader Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang Kota Tahun 2023

By. Ners MUHAMMAD NURMAN S.Kep, M.Kep

Dalam kegiatan keperawatan Kegawat daruratan, Dosen memberikan pengalaman ilmu pengetahuan dibidang kesehatan yaitu Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk memberikan pengarahan, pengajaran agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat khusunya didalam bidang kegawat daruratan. Dalam dunia keperawatan masalah Gawat Darurat merupakan masalah yang sering muncul dan selalu membutuhkan Pertolongan kesehatan secepatnya. Dalam hal ini BHD merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah kegawat darurat yang terjadi pada seseorang terutama dalam kondisi henti napas.

Dalam tindakan BHD ini yang dilakukan adalah bagaimana cara melakukan resusitasi jantung paru terhadap pasien yang tidak sadarkan diri akibat henti jantung dan juga tenggelam. Dalam melakukan tindakan BHD tersebut, membutuhkan tenaga-tenaga professional yang sudah mendapat pelatihan tentang BHD.

Oleh karena itu, untuk membekali ilmu pengetahuan dan Skill dalam melakukan pertolongan kesehatan kepada pasien yang mengalami kegawat daruratan, maka diperlukan memberikan pelatihan BHD bagi kader-kader kesehatan yang ada di Wilayah Kerja Puskesnmas Bangkinang Kota. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, semua kader tenaga kesehatan di Wilayah Puskesmas bangkinang Kota, bisa menghadapi semua masalah kesehatan yang terkait pada pasien terutama pada sesorang yang mengalami gangguan kegawat daruratan sistem Jantung dan Paru-paru..