Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan
motorik kasar anak Kelompok B TK Melati
Indah Tenanyan Raya, kemudian dengan mempetimbangkan indetifikasi dan
analisis masalah maka peneliti menentukan alternatif pemecahan masalah berupa
penerapan kegiatan Bermain
Estafet di TK Melati Indah
Tenanyan Raya untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak.Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dengan setiap siklus sebanyak dua kali pertemuan. Subjek dalam
penelitian adalah Kelompok B yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 15 anak
perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui bermain
estafet kemampuan motorik kasar mengalami peningkatan. Hal tersebut
terlihat pada aspek kecepatan anak yang mendapat skor 3 (tiga) yaitu anak yang
dapat berlari dengan cepat dan melaksanakan instuksi guru dengan benar pada pra
tindakan mencapai 23,08%, pada Siklus I sebesar 53,85%, dan pada Siklus II naik menjadi 88,46%.
Aspek kelincahan anak yang mendapat
skor 3 (tiga) di mana anak
tampak lincah dan dapat melaksanakan sesuai instruksi guru pada pra tindakan
mencapai 7,69%, pada Siklus I sebesar 42,31%, dan pada Siklus II naik menjadi
84,62%. Aspek koordinasi mata dan tangan anak yang memperoleh skor 3 (tiga)
yaitu anak yang dapat lari sesuai instruksi guru dan mampu melakukan
koordinasi mata dan tangan pada pra tindakan
mencapai 19,23%, Siklus
I sebesar 46,15%, dan pada
Siklus II meningkat menjadi 88,64%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
bermain estafet dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di
TK Melati Indah Tenanyan Raya