Kemampuan guru-guru jenjang
pendidikan dasar dalam membuat perangkat pembelajaran pada semester sebelumnya
masih berada pada kategori rendah dan sedang. Pengabdian ini bertujuan
meningkatkan kualitas guru-guru jenjang pendidikan dasar dalam membuat modul
ajar agar berada pada kualitas tinggi. Metode pengabdian yang diadopsi metode
pengabdian pendidikan masyarakat dengan beberapa modifikasi melalui tahapan
pemaparan materi, workshop membuat modul ajar, pengecekan modul ajar
menggunakan aplikasi turnitin, perbaikan modul ajar, pengecekan kembali, dan
seterusnya hingga didapatkan tingkat plagiat modul ajar dibawah 25%. Peserta
workshop 20 guru jenjang pendidikan dasar yang pernah menjadi guru pamong bagi
mahasiswa di sekolah. Pengabdian menunjukan 90% guru-guru jenjang pendidikan
dasar yang mengikuti workshop melakukan pengecekan tingkat plagiat lebih dari
satu kali. Guru-guru jenjang pendidikan dasar yang menjadi guru pamong harus
lebih terampil membuat modul ajar berkualitas dengan tingkat plagiat modul ajar
yang rendah agar bisa menjadi teladan bagi mahasiswa yang dibimbingnya di sekolah. Workshop selanjutnya bisa dilakukan pelatihan
pengelolaan kelas dengan perekaman pembelajaran menggunakan aplikasi video yang
ada pada handphone android masing-masing.