MUHAMMAD SYAHRUL RIZAL S.Pd, M.Pd

Welcome to MySite

MUHAMMAD SYAHRUL RIZAL
  • MUHAMMAD SYAHRUL RIZAL
  • My Rating
  • 4.4
  • (435 Responden)
  • AboutMe
  • MyBook
  • MyPublication
  • MyResearch
  • MyClass
  • MyRating
  • PKM
  • Supporting Activities
AboutMe
NIDN : 1029019201
Nama : MUHAMMAD SYAHRUL RIZAL S.Pd, M.Pd
JenKel : Pria
Homebase : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pendidikan : S2
Mata Kuliah Keahlian : Pendidikan IPS SD
Jabatan Fungsional : Lektor (300.00) / Assistant Professor
MyBook
MyPublication
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 004 BANGKINANG KOTA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IIISDN 004 Bangkinang Kota Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untukm...
04 Aug 2021
Pelatihan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar
Program Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu solusi yang direkomendasikan dalam upaya peningkatan pemahaman guru dalam pembelajaran saintifik adalah perlu diadakan kegiatan Pelatihan pembela...
04 Aug 2021
Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar
Permasalahan penelitian yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyaknya guru-guru sekolah dasar yang memiliki kelebihan berat badan dan perut yang buncit. Hal ini dikarenakan skala lemak perut t...
04 Aug 2021
Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan peneliti merupakan instrument kunci. Namun untuk mendukung proses penelitian, dilakukan triangulasi instrument penelitian. Penelitian ini diawali de...
04 Aug 2021
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMHACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP SISWA KELAS I SDN 81 PEKANBARU
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 81 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode Strukt...
04 Aug 2021
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDM 020 KUOK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa kelas IV SD dan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran koo...
04 Aug 2021
PENYULUHAN PALAWIJA DESA RIDAN PERMAI UNTUK KETAHANAN PANGAN SAAT PANDEMI COVID 19
Apabila diperhatikan dari segi fisik, kelompok masyarakat sasaran sangat kekurangan dalam prasarana dan sarana untuk meningkatkan penghasilannya saat pandemi covid 19. Lingkungan yang akan ditanam bel...
04 Aug 2021
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 020 KUOK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPS.  Penelitian in...
04 Aug 2021
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDM 020 KUOK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa kelas IV SD Penelitian ini dilakukan di SDM 020 Kuok Kampar denga...
04 Aug 2021
Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan
Penelitian ini bertujuan untk memaparkan informasi terkait persepsi guru mengenai pembelajaran daring. Yang berisikan dampak dan kendala dari pembelajaran daring baik kelas rendah maupun kelas tinggi....
04 Aug 2021
MyClass
Penelitian Tindakan Kelas
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD738
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD.313
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Penelitian Tindakan Kelas
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD738
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Magang III Program Pengalaman Lapangan (PPL)
ID Semester : 20211
Kode Mk : SDKU809
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD.103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Penelitian Tindakan Kelas
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD738
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN IPS SD
ID Semester : 20211
Kode Mk : SD.521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Skripsi
ID Semester : 20202
Kode Mk : SDDP811
SKS : 6
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
PENDIDIKAN IPS SD
ID Semester : 20202
Kode Mk : SD.209
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PENDIDIKAN IPS SD Download
2. Nilai Download
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : UPSD.004
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Download
2. Nilai Download
PEDAGOGIKA
ID Semester : 20202
Kode Mk : SDDP.203
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PEDAGOGIKA Download
2. Nilai Download
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : SD.419
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Download
2. Nilai Download
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
ID Semester : 20202
Kode Mk : SDKU608
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
PEDAGOGIKA
ID Semester : 20202
Kode Mk : SDDP.203
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PEDAGOGIKA Download
2. Nilai Download
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : UPSD.004
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Download
2. Nilai Download
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : SD.419
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Download
2. Nilai Download
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : UPSD.004
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Download
2. Nilai Download
PEDAGOGIKA
ID Semester : 20202
Kode Mk : SDDP.203
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PEDAGOGIKA Download
2. Nilai Download
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ID Semester : 20202
Kode Mk : UPSD.004
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials 1. RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Download
2. Nilai Download
Magang III Program Pengalaman Lapangan (PPL)
ID Semester : 20201
Kode Mk : SDKU809
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD.103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD.313
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD.313
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD.313
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ID Semester : 20201
Kode Mk : SD.313
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Kewarganegaraan
ID Semester : 20192
Kode Mk : SDKU406
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
PENDIDIKAN IPS SD
ID Semester : 20192
Kode Mk : SD.209
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Kewarganegaraan
ID Semester : 20192
Kode Mk : SDKU406
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
ID Semester : 20192
Kode Mk : SD.205
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran PKn SD
ID Semester : 20192
Kode Mk : SD630
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Kewarganegaraan
ID Semester : 20192
Kode Mk : SDKU406
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
ID Semester : 20192
Kode Mk : SD.205
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
ID Semester : 20192
Kode Mk : SDKU608
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Wawasan Budaya Melayu
ID Semester : 20191
Kode Mk : SDKU302
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD.103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD.103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pembelajaran Terpadu
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD524
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20191
Kode Mk : SD.103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan IPS SD
ID Semester : 20182
Kode Mk : SD209
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Magang I (Pengenalan Peserta Didik dan Suasana SD)
ID Semester : 20182
Kode Mk : SD417
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Belajar dan Pembelajaran
ID Semester : 20182
Kode Mk : SD419
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Penelitian Kualitatif
ID Semester : 20182
Kode Mk : SD636
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran IPS SD
ID Semester : 20181
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pengelolaan Pendidikan
ID Semester : 20181
Kode Mk : SDDP508
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20181
Kode Mk : SD103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Kurikulum dan Pembelajaran
ID Semester : 20172
Kode Mk : SDDP407
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan IPS SD
ID Semester : 20172
Kode Mk : SD209
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Kurikulum dan Pembelajaran
ID Semester : 20172
Kode Mk : SDDP407
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan IPS SD
ID Semester : 20172
Kode Mk : SD209
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Kewarganegaraan
ID Semester : 20172
Kode Mk : SDKU406
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Pancasila
ID Semester : 20171
Kode Mk : SDKU304
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Pancasila
ID Semester : 20171
Kode Mk : SDKU304
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Konsep Dasar IPS
ID Semester : 20171
Kode Mk : SD103
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran PKn SD
ID Semester : 20171
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Pendidikan Pancasila
ID Semester : 20171
Kode Mk : SDKU304
SKS : 2
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
Model-Model Pembelajaran PKn SD
ID Semester : 20171
Kode Mk : SD521
SKS : 3
Prodi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Materials
MyRating
Kegiatan Awal Pembelajaran
1 Dosen menjelaskan silabus di awal perkuliahan 4.45 Baik
2 Dosen menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai 4.39 Baik
3 Dosen menginformasikan kompetensi yang harus dicapai mahasiswa 4.38 Baik
4 Dosen menjelaskan garis besar materi yang akan dipelajari selama satu semester pada awal perkuliahan 4.38 Baik
5 Dosen menginformasikan jenis tugas perkuliahan yang akan dikerjakan dalam satu semester 4.38 Baik
6 Dosen menjelaskan keterkaitan mata kuliahnya dengan mata kuliah lain 4.34 Baik
7 Dosen menjelaskan aturan-aturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan 4.40 Baik
8 Dosen menyampaikan sumber referensi yang digunakan dalam perkuliahan 4.35 Baik
9 Dosen menjelaskan komponen penilaian hasil belajar 4.37 Baik
10 Dosen menjelaskan manfaat mata kuliah dalam kehidupan 4.37 Baik
Pelaksanaan Pembelajaran
1 Dosen memasuki kelas dengan mengucapkan salam 4.41 Baik
2 Dosen menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman mahasiswa 4.35 Baik
3 Dosen memusatkan perhatian mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan 4.37 Baik
4 Dosen memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa 4.36 Baik
5 Dosen membangkitkan minat belajar mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan 4.35 Baik
6 Dosen mengupayakan partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan 4.33 Baik
7 Dosen mengupayakan terjadinya interaksi belajar mahasiswa secara intensif 4.35 Baik
8 Dosen menggunakan strategi pembelajaran yang mendorong rasa ingin tahu mahasiswa 4.33 Baik
9 Dosen membangkitkan minat mahasiswa. untuk mengajukan pertanyaan 4.35 Baik
10 Dosen memberikan jawaban atas pertanyaan mahasiswa 4.39 Baik
11 Dosen memberikan penguatan terhadap pendapat mahasiswa 4.37 Baik
12 Dosen melaksanakan kegiatan pengelolaan kelas 4.31 Baik
13 Dosen menyampaikan materi kuliah secara terstruktur 4.37 Baik
14 Dosen menguasai materi perkuliahan 4.40 Baik
15 Dosen memberikan contoh yang relevan dengan materi perkuliahan 4.37 Baik
16 Dosen menerapkan model pembelajaran secara inovatif 4.36 Baik
17 Dosen memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mahasiswa 4.34 Baik
18 Dosen memberikan tugas terstruktur kepada mahasiswa 4.37 Baik
19 Dosen memberikan bimbingan terhadap tugas yang dikerjakan mahasiswa 4.33 Baik
20 Dosen mengembalikan tugas yang sudah diperiksa kepada mahasiswa 4.29 Baik
21 Dosen menyimpulkan materi perkuliahan pada akhir pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa 4.35 Baik
22 Dosen menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi 4.31 Baik
23 Dosen mendorong mahasiswa untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran 4.36 Baik
24 Dosen tegas dalam menerapkan aturan yang telah disepakati 4.37 Baik
25 Dosen bersikap ramah 4.41 Baik
26 Dosen menunjukkan sikap arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan 4.38 Baik
27 Dosen mengendalikan emosi dalam melaksanakan pembelajaran 4.33 Baik
28 Dosen berlaku adil dalam memperlakukan mahasiswa 4.38 Baik
29 Dosen berpenampilan yang menarik 4.38 Baik
30 Dosen bersedia menerima saran dari mahasiswa 4.38 Baik
31 Dosen menunjukkan toleransi terhadap keberagaman mahasiswa 4.37 Baik
32 Dosen melaksanakan perkuliahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan 4.32 Baik
33 Dosen memeriksa kehadiran mahasiswa setiap kali kuliah 4.40 Baik
34 Dosen memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang hadir tepat waktu 4.34 Baik
35 Dosen mengajukan pertanyaan pendek untuk mengetahui materi yang belum dikuasai mahasiswa 4.35 Baik
36 Dosen memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk mendukung kegiatan perkuliahan 4.31 Baik
37 Dosen memanfaatkan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan perkuliahan 4.31 Baik
Penilaian Hasil Belajar
1 Dosen menggunakan instrumen penilaian yang bervariasi untuk menilai hasil belajar 4.32 Baik
2 Dosen menilai secara transparan 4.31 Baik
3 Dosen mengembalikan lembar jawaban ujian yang telah diperiksa 4.23 Baik
4 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk konfirmasi nilai 4.33 Baik
5 Dosen menilai secara adil dan objektif 4.34 Baik
6 Dosen melaksanakan penilaian sesuai dengan tujuan perkuliahan 4.36 Baik
7 Dosen menginformasikan jadwal ujian sebelum diadakan ujian 4.36 Baik
8 Dosen mengalokasikan waktu ujian sesuai dengan jumlah dan tingkat kesukaran soal 4.36 Baik
9 Dosen memberikan penilaian terhadap sikap mahasiswa 4.35 Baik
10 Dosen melakukan penilaian terhadap keterampilan mahasiswa 4.39 Baik
Supporting Activities